Sabtu, 02 Februari 2008

NO.O30 CURRICULUM ASSESSMENT, DEMI FKUI MENUJU "WORLD CLASS FACULTY"

JAKARTA 1 FEBRUARI 2008

RACHMAD YULIADI NASIR - KABARINDONESIA.COM


NO.030 CURRICULUM ASSESSMENT, DEMI FKUI MENUJU "WORLD CLASS FACULTY"




Kesehatan

Curriculum Assessment, Demi FKUI Menuju ”World Class Faculty”
Oleh : Rachmad Yuliadi Nasir

24-Jan-2008, 12:06:31 WIB - [www.kabarindonesia.com]

KabarIndonesia - Kedatangan Curriculum Assessment Team, yakni Professor Rein Zwierstra (Dean Of Education, University Medical Center Groningen, The Netherlands), Professor Arie Nieuwenhuizen Kruseman, Rector of Transnational University Limburg, former Rector of Universiteit Maastricht), dan Professor Fedde Scheele, Proffesor in Medical Education, Vrije Universiteit Medisch Centrum, Amsterdam) semakin menguatkan FKUI menuju Fakultas Kedokteran tingkat dunia.

Curriculum Assessment dimulai sejak hari Senin, 21 Januari 2008 diawali dengan diskusi bersama jajaran Dekanat FKUI, staf pengajar, dilanjutkan dengan wawancara mahasiswa dan alumni. Di hari kedua, Selasa, 22 Januari 2008 berlanjut dengan tur fasilitas kampus dan di hari ketiga, Rabu, 23 Januari 2008 adalah diskusi akhir Rektor Universitas Indonesia beserta Dekanat FKUI dengan Curriculum Assessment Team.

Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) yang diselenggarakan oleh FKUI adalah hampir sama dengan kurikulum yang diselenggarakan dengan 8 universitas terkemuka di Belanda. Curriculum Assessment ini terlaksana untuk mengevaluasi kurikulum pendidikan yang telah berjalan di FKUI. Hingga muaranya, FKUI nyata menuju Fakultas Kedokteran tingkat dunia, sejalan dengan visi FKUI.