Sabtu, 02 Februari 2008

NO.OO4 INDEPENDIENTE PAMERAN FOTO KEMERDEKAAN

JAKARTA 1 FEBRUARI 2008

RACHMAD YULIADI NASIR - KABARINDONESIA.COM

NO.OO4 INDEPENDIENTE PAMERAN FOTO KEMERDEKAAN

Nasional

Independiente Pameran Foto Kemerdekaan
Oleh : Rachmad Yuliadi Nasir

01-Sep-2007, 19:33:45 WIB - [www.kabarindonesia.com]

KabarIndonesia - Bermula dari gagasan ide The Plaza Semanggi yang kemudian ditanggapi dengan sangat baik oleh kantor berita Antara sebagai perintis pers modern Indonesia yang berdiri 8 tahun sebelum proklamasi.

Untuk mewujudkan apresiasi dalam rangka memperingati 62 tahun Kemerdekaan RI, Plangi dan Antara kembali bekerjasama untuk menampilkan peristiwa-peristiwa bersejarah menuju kemerdekaan dalam rangkaian foto. Foto-foto bersejarah tersebut direkatkan dengan foto-foto Republik Indonesia kontemporer di ruang publik The Plaza Semanggi, Jakarta. Pameran ini berlangsung dari tanggal 15-26 agustus 2007.

Menampilkan 45 foto hitam putih dan warna mulai zaman kemerdekaan hingga saat ini dan didedikasikan untuk para Pahlawan dan Veteran Indonesia. Hadir pula Putra dan Putri Proklamator RI, Bapak Guruh Soekarno Putra dan Ibu Meutia Hatta. Testimoni dan penandatangan foto yang dilelang pada saat itu juga.

Acara ini diresmikan oleh Menteri Komunikasi dan Informasi, Bapak Mohammad Nuh bersama putra dan putri Proklamator dengan pelepasan 62 balon merah putih.

Saat pelelangan foto Bung Hatta terjual seharga 15 juta, sedangkan foto Bung Karno terjual seharga 31 juta, dengan pembeli sang kolektor foto dari Jakarta, direktur utama bank BNI 46, Bapak Sigit Pramono. Hasil penjualan ini disumbangan untuk Yayasan Veteran RI.